Senin, 12 April 2010

Sayyidul Ahyan Asri

Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dasar di Perigi Kecamatan LOTIM NB. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dasar di Perigi, (2) upaya dan Strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dasar di Perigi, dan (3) Kendala masyarakat Perigi untuk berpartisipasi dalam Penyelenggaraan sekolah dasar.

Penelitian ini merupakan sebuah studi empiris menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dokumentasi, dan analisis dengan teknik Interactive Model dari Miles dan Huberman. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, ketua komite sekolah, pemuda, dan tokoh masyarakat.

Hasil Penelitian menunjukan: (1) Bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dasar di perigi hanya dalam bentuk bantuan fisik saja belum ada partisipasi dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, (2) Belum ada upaya dan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dasar. (3) Kendala masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelengaraan sekolah dasar di Perigi adalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, rendahnya tingkat pendapatan masyarakat dan culture.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar